Jenis-jenis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Diketahui

Jenis-jenis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Diketahui

Pada kesempatan kali ini kita akan dibahas mengenai beberapa jenis asuransi jiwa yang harus anda ketahui. Anda sudah tahu belum mengenai asuransi jiwa itu seperti apa. Pada dasarnya asuransi jiwa merupakan sebuah kontrak atau perjanjian yang melibatkan pemilik polis dengan sebuah perusahaan asuransi. Perusahaan akan bertanggung jawab untuk membayar uang kepada pemegang polis apabila terjadi berbagai resiko kecelakaan atau bahkan kematian yang dialami oleh pemilik polis. Akan tetapi, hal itu juga dibarengi dengan kewajiban sebagai seorang pemegang polis untuk membayarkan premi.Peremi bergungsi untuk nantikan diberikan pergantian dari resiko terjadinya kematian atau kecelakaan.Asuransi jiwa bisa dikatakan sebagi sebuah perjanjian dengan tujuan untuk menanggung kerugian yang dialami oleh pemegang asuransi secara financial.Berkaitan dengan asuransi jiwa ini maka jelas yang dijadikan acuan bila mana terjadi sebuah resiko kematian. Hal ini akan sangat memberikan anda banyak sekali keuntungan. Jadi anda bisa menjadikan asuransi jiwa ini sebagai sebuah pilihan.

Pentingnya Menggunakan Asuransi Jiwa

Sebetulnya asuransi jiwa tidak jauh berbeda dengan asuransi kesehatan.Secara sistem tidak ada perbedaan. Hanya saja pembayaran premi yang dilakukan terkadang berbeda beda setiap perusahaan asuransi. Nanti akan dibagikan kepada anda mengenai jenis-jenis dari asuransi jiwa. Siapa tahu anda membutuhkan informasi seputar hal tersebut.Akan tetapi, sebelum dibahas mengenai hal tersebut ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu kenapa harus digunakan asuransi jiwa ini.Asuransi ini bisa dijadikan sebuah pelindung dari kehilangan penghasilan untuk keluarga anda. Memang pada dasarnya setiap orang tidak akan tahu tentang apa yang terjadi esok. Musibah atau meninggalnya seorang anggota keluarga bisa saja membayangi.Nah disinilah kenapa anda harus membeli asuransi jiwa.Asuransi jiwa juga bisa dimanfaatkan untuk mengantisipasi resiko terjadinya meninggal dunia diakibatkan oleh penyakit.Sekarang banyak sekali orang yang tejangkit penyakit kritis.Dari situlah anda membutuhkan yang namanya asuransi jiwa. Asuransi jiwa juga bisa dimanfaatkan sebagai persiapan di usia senja. Asuransi jiwa diibaratkan sepertu sebuah tabungan.Pilihan yang terbaik untuk kebutuhan kedepannya nanti. Premi yang diatur tidak bisa diambil jangka pendek, jadi di akhir nanti akan baru bisa merasakan manfaat menggunakan asuransi jiwa ini.

Asuransi jiwa ada beberapa produk yang mana mempunyai keunggulan yang berbeda beda. Berbagai jenis asuransi jiwa ini bisa menjadi salah satu pilihan guna memenuhi kebutuhan.Selain itu anda juga bisa menyesuaikan dengan kemampuan dalam membeli premi. Berikut adalah beberapa jenis asuransi jiwa ;

  • Term Life Insurance

Ini merupakan asuransi yang berjangka.Difungsikan sebagai sebuah perlindungan terhadap diri anda dengan jangka waktu yang sudah ditentukan sesuai keperluan. Biasanya asuransi jenis ini akan memberikan penawaran kontrak kepada anda. Bisa dalam jangka waktu 5, 10 bahkan sampai 20 tahun.Semuanya itu disesuaikan dengan kebutuhan anda.

  • Whole Life Insurance

Sedangkan jenis asuransi yang ini merupakan asuransi seumur hidup.Meskipun demikian, batasan yang biasanya diterapkan oleh perusahaan ialah 100 tahun saja.Akan sangat cocok bagi anda yang tidak mempunyai tanggungan atau bisa dijadikan sebagai sebuah tabungan untuk jangka panjang.

  • Endowment insurance

Asuransi ini biasa disebut dengan asuransi dwiguna. Di mana mempunyai dua manfaat  ketika menggunakannya. Manfaat yang bisa didapatkan ialah asuransi jiwa yang berjangka dan juga bisa dipakai sebagai tabungan yang akan diberikan ketika kontrak berakhir.