Manfaat dan Biaya Asuransi Pendidikan Anak

Manfaat dan Biaya Asuransi Pendidikan Anak

Pendidikan adalah hal yang sangat penting di zaman yang serba modern seperti sekarang ini. Karena melalui pendidikan, masyarakat bisa mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Terutama dari segi finansial. Bisa dilihat bahwa saat ini, semua perusahaan dan instansi di Indonesia mengharuskan pegawainya untuk memiliki kualifikasi pendidikan tertentu. Sehingga mau tidak mau, masyarakat harus bisa bersaing dalam bidang pendidikan agar bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Melihat hal tersebut, sudah sepatutnya Anda sebagai orangtua merasa terpanggil untuk memberikan perlindungan pendidikan yang layak kepada anak dan mencari tahu tentang Biaya asuransi pendidikan. Dengan begitu, anak akan siap untuk bersaing dengan orang lain untuk mendapatkan pekerjaan seperti yang diharapkan. Sayangnya, terkadang rencana bisa meleset tidak seperti yang diinginkan. Misalnya saja orangtua yang tiba-tiba meninggal akibat kecelakaan atau terserang penyakit sehingga tidak mampu membayar biaya sekolah anak sampai selesai. Lantas, bagaimana solusinya? Asuransi pendidikan bisa dijadikan sebagai solusi terbaik.

Manfaat Asuransi Pendidikan Anak dan Biayanya

Mungkin sebagian besar dari Anda bertanya-tanya tentang berapa Biaya asuransi pendidikan. Pada dasarnya, biaya premi asuransi pendidikan beragam. Tergantung dariĀ  kebijakan dari masing-masing perusahaan penyedia asuransi. Biaya pendidikan yang semakin mahal dari waktu ke waktu memaksa para orangtua untuk lebih memutar otak bagaimana caranya menjamin pembiayaan sekolah anak sampai ke jenjang sarjana. Oleh karena itu, berikut ini akan diulas beberapa manfaat asuransi pendidikan yang harus Anda pahami.

  1. Kepastian biaya pendidikan untuk anak

Manfaat yang pertama adalah adanya kepastian untuk biaya pendidikan anak. Maksudnya adalah orang tua yang mengikuti asuransi penidikan, tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan anak. Sebab hal tersebut akan dijamin oleh penyedia asuransi sampai anak menyelesaikan pendidikannya. Menariknya lagi, asuransi juga bisa dicairkan sesuai dengan jenjang pendidikan. Dengan begitu, para orang tua bisa membayar biaya masuk sekolah anaknya tanpa harus bingung mencari uang.

  1. Tabungan pendidikan anak

Walaupun asuransi pendidikan dan tabungan adalah dua hal yang berbeda, asuransi pendidikan pada dasarnya masuk dalam kategori tabungan pendidikan anak. Dimana tabungan ini bisa dicicil oleh orang tua sejak anaknya masih kecil. Jadi setelah anak besar, Anda sebagai orangtua tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah tabungan pendidikan anak.

  1. Melindungi orangtua

Manfaat Biaya asuransi pendidikan selanjutnya adalah melindungi orang tua. Kenapa? Karena ketika orang tuanya mengalami masalah seperti cacat, sakit parah hingga meninggal dunia, maka biaya pendidikan tersebut akan tetap dicairkan untuk pendidikan anak sesuai dengan kecepatan.

  1. Merasa lebih tenang

Setiap waktunya mungkin Anda merasa khawatir terkait dengan bagaimana kelangsungan hidup anak jika suatu saat nanti ditinggal oleh orang tuanya. Hal tersebut sangatlah wajar mengingat semua orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik kepada anaknya. Dengan menggunakan asuransi pendidikan, setidaknya Anda sudah melakukan upaya antisipasi untuk melindungi kebutuhan anak terkait dengan pendidikan yang mumpuni. Jika terjadi suatu hal pada Anda, setidaknya rasa khawatir yang dirasakan tidak akan terlalu besar.

  1. Mampu mengatur keuangan dengan baik

Manfaat lainnya adalah Anda akan mampu mengatur keuangan serta mengalokasikan dananya dengan tepat. Kenapa? Karena memilih asuransi pendidikan harus melalui pertimbangan dan pemikiran yang baik. Misalnya saja dalam menghitung estimasi biaya pendidikan anak, Anda harus memastikan jika biaya premi dan jangka waktu yang tertera pada polis asuransi sudah sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak. Jika anak sekarang berusia 10 tahun dan pada usia 21 tahun ia akan masuk ke jenjang pendidikan sarjana, maka jangka waktu polis asuransi yang bisa Anda daftarkan adalah 11 tahun lamanya.