Risiko Asuransi Kesehatan Yang Perlu Anda Diketahui

Risiko Asuransi Kesehatan Yang Perlu Anda Diketahui

Pernahkah Anda membayangkan jika di masa yang akan datang atau beberapa hari ke depan, Anda mengalami masalah penyakit yang parah? Ya, tidak ada seorang pun yang menginginkannya. Dan tidak ada pula orang yang tahu kapan akan mengalami risiko menakutkan seperti itu. Oleh sebab itulah kenapa manusia di beri akal oleh tuhan. Dimana akal tersebut harus digunakan sebaik mungkin dengan bijak. Salah satunya adalah mempersiapkan segala risiko yang mungkin terjadi dengan asuransi. Banyak orang yang bertanya-tanya tentang Resiko asuransi kesehatan apa saja yang ditanggung oleh pihak asuransi.

Pada dasarnya, masing-masing perusahaan asuransi memiliki produk asuransi kesehatan yang berbeda-beda. Karena mereka pasti memiliki kebijakan dan prosedur perusahaan sendiri-sendiri.  Selain bisa dijadikan sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi. Banyak orang percaya bahwa asuransi juga bisa dijadikan sebagai salah satu wadahberinvestasi. Karena asuransi kesehatan bisa dijadikan sebagai warisan kepada anak cucu apabila semasa hidupnya, nasabah tidak menderita penyakit yang berbahaya. Asuransi kesehatan adalah jawaban dari mahalnya biaya pengobatan sekarang ini. Tak heran jika semakin banyak orang mulai sadar betapa pentingnya asuransi kesehatan.

Risiko Asuransi Kesehatan yang Tidak Ditanggung Perusahaan Asuransi

Sakit adalah tamu yang tidak diundang. Karena walaupun Anda sudah hidup sebaik mungkin untuk menjaga kesehatannya, nyatanya sakit bisa muncul kapan saja. Hal ini tentu saja karena lingkungan sekitar yang seringkali tidak bersahabat dengan tubuh. Ada banyak sekali risiko yang ditanggung oleh asuransi kesehatan. Namun Anda juga harus tahu bahwa ada beberapa risiko yang tidak di cover oleh beberapa perusahaan asuransi. Penasaran apa saja? Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  1. Penyakit kritis

Pada beberapa produk asuransi, ada penyakit kritis yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi. Beberapa diantaranya adalah kanker, jantung, gagal ginjal dan lain sebagainya. Meskipun demikian, adapula perusahaan asuransi yang meng-cover hampir semua penyakit kritis. Oleh sebab itulah kenapa Anda harus selalu memastikan bahwa perusahaan asuransi yang dipilih bersedia menanggung banyak penyakit kritis yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. HIV/AIDS

Perlu Anda ketahui bahwa Resiko asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh hampir semua perusahaan asuransi, tidak termasuk dengan biaya pengobatan penyakit HIV/AIDS. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada perusahaan asuransi yang tidak meng-cover biaya pengobatan serta perawatan penderita HIV/AIDS. Hanya saja memang, umumnya biaya premi untuk risiko penyakit ini lebih tinggi dibandingkan dengan premi asuransi kesehatan lainnya.

  1. Penyakit bawaan

Saat mendaftarkan diri ke perusahaan asuransi, biasanya pihak perusahaan akan menolak nasabah yang memiliki penyakit bawaan. Ketentuan ini sudah banyak diberlakukan oleh beberapa perusahaan asuransi. Tapi, jangan sekalipun Anda menyembunyikan atau berbohong dengan kondisi kesehatan Anda saat mendaftarkan diripada produk asuransi kesehatan. Karena saat pihak perusahaan asuransi mengetahui kebenaran tentang Anda yang memberikan keterangan palsu ketika mendaftar, maka klaim yang diajukan akan ditolak. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk mempelajari dan membaca secara seksama semua detail kalimat dalam polis atau kontrak asuransi mulai dari jenis penyakit yang bisa diklaim, batas usia yang ditanggung dan lain sebagainya.

Berikut tadi merupakan beberapa risiko yang umumnya tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi. Sebelum memilih asuransi kesehatan, ada baiknya jika Anda mempelajari polisnya dengan cermat dan teliti terlebih dahulu. Dilain sisi, pastikan jika premi yang dipilih sudah sesuai dengan kapasitas finansial Anda. Dan pastikan pula jika Resiko asuransi kesehatan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda dan keluarga.